Implementasi Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Prestasi dan Keaktifan Belajar Pendidikan Agama Islam Pokok Bahasan Ibadah Salat
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa kelas IV di SDN 020 Tanjung Selor, Tahun Pelajaran 2017/2018. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas IV SDN 020 Tanjung Selor. Variabel penelitian ini terdiri atas variabel siswa berupa kemampuan dalam menyelesaikan soal dan variabel guru berupa rencana pembelajaran dan pelaksanaannya di dalam kelas. Penelitian dilakukan dalam dua siklus yang masing-masing terdiri atas empat tahapan, yakni: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Indikator keberhasilan ditetapkan bila minimal terdapat 75% siswa mencapai ketuntasan belajar setelah diterapkan Model Problem Based Learning (PBL). Dari hasil penelitian diperoleh temuan bahwa ada peningkatan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas IV SDN 020 Tanjung Selor yang ditunjukkan dengan: (1) rata-rata prestasi belajar siswa pada siklus I adalah 6,74 dan pada siklus II adalah 8,64; (2) ketuntasan belajar siswa pada siklus I siswa 9 siswa atau 45,00% dan yang tidak tuntas sebanyak 11 siswa atau 55,00%; serta (3) ketuntasan belajar klasikal pada siklus I adalah 45,00% dan pada siklus II mencapai 100,00%. Uji kompetensi siklus II lebih baik dibandingkan siklus I dan sudah mencapai indikator ketuntasan. Disamping itu terdapat peningkatan aktivitas siswa baik individu maupun kelompok. Temuan lain menunjukkan bahwa respon siswa terhadap pelaksanaan Model Problem Based Learning (PBL) mencapai 82, 50% menyatakan sangat setuju atau dalam kategori tinggi.