KOMUNIKASI POSITIF SEBAGAI SARANA UNTUK MENINGKATKAN PENYERAPAN BAHASA LISAN ANAK USIA DINI

Abstract

Language as a means of education is very important to develop the nature, sika, and character of early childhood. The choice of words and the style of language used in communication can provide psychological effects to children because they are very unique, egocentric and sensitive personalities. This article places on the use of positive communication used by educators as well as parents to communicate with children. After critically discussing inappropriate words, phrases and sentences for early childhood, articles suggest words, phrases, and sentences (positive language) that can have a positive effect on their development. To conclude the discussion, recommend certain words, phrases, and sentences to avoid and minimize the use of negative language komusikasi with more optimal.. Keywords: Positive Communication, Language, and ChildhoodBahasa sebagai sarana pendidikan sangat penting untuk mengembangkan sifat, sika, dan karakter anak usia dini. Pilihan kata dan gaya bahasa yang digunakan dalam komunikasi dapat memberikan efek psikologis kepada anak-anak karena mereka sangat adalah pribadi yang unik, egosentris dan sensitif. Artikel ini menempatkan pada penggunaan komunikasi positif yang digunakan oleh pendidik maupun orangtua untuk berkomunikasi dengan anak-anak. Setelah dibahas secara kritis kata-kata yang tidak pantas, frase, dan kalimat untuk anak-anak usia dini, artikel mengusulkan  kata-kata, frase, dan  kalimat (bahasa positif) yang dapat memberikan efek positif bagi perkembangan mereka. Untuk menyimpulkan diskusi, merekomendasikan kata-kata tertentu, frase, dan kalimat untuk menghindari dan meminimalisir penggunaan komusikasi bahasa negatif dengan lebih optimal. Kata kunci: Komunikasi Positif, Bahasa dan Anak Usia Dini