PERSEPSI ORANGTUA DALAM UPAYA MEMOTIVASI ANAK UNTUK MENJADI ORANG YANG BER AKHLAK DAN BERPRESTASI

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah ,dalam upaya penulis untuk melakukan penelitian tentang peran orangtua,sekolah dan masyarakat ,agar anak anak/anak didik ,dapat menjadi manusia yang bertaqwa dan bukan hanya cerdas secara intelektual,bagimana moralitas,bimbingan agama,dapat berpengaruh dalam pendidikan,kecerdasan serta karakteristik anak ataupun siswa di sekolah.Tujuan penelitian untuk melakukan penelitian tentang sejauh mana peranan orangtua,sebagai pendidik utama dirumah,sebelum anak masuk sekolah,serta guru sebagai pendidik kedua di sekolah dalam membina ahlak dan perilaku serta penempaan ilmu pengetahuan,dan tentunya  masyarakat . Metode dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan perspektif kualitatif dengan model studi fenomenologi,karena penelitian ini merupakan fenomena menarik untuk dilakukan studi penelitian secara konprehensif.Dalam penelitian ini penulis bersama delapan orang partisipan sebagai informan dalam penelitian,dan waktu penelitian sekitar 12 minggu,domisili partisipan diambil dari wlayah sekitar tempat peneliti.Hasil dari penelitian ada lima indikator hasil olah data dan analisa data,menunjukan signifikansi perlunya pengertian,kesabaran serta tanggung orangtua terhadap anaknya/guru terhadap anak didiknya.Dan hasil dari penelitian ke enam indikator penulis anggap sebagai temuan/sumbang fikir yang perlu di publikasikan.The background of this research is, in the writer's attempt to conduct research on the role of parents, schools and society, so that children / students can become pious human beings and not just intellectually intelligent, how morality, religious guidance, can influence education, intelligence and characteristics of children or students in school. The purpose of research is to conduct research on the extent of the role of parents, as the main educator at home, before the child enters school, and the teacher as the second educator in school in fostering behavior and behavior as well as forging science, and of course the community . The method in this study the author uses a qualitative perspective approach with a phenomenological study model, because this research is an interesting phenomenon to be carried out in a comprehensive research study. from the area around the place of researchers. The results of the study there are five indicators of the results of data processing and analysis of data, showing the significance of the need for understanding, patience and responsibility of parents to their children / teachers for their students. that needs to be published.