METODE PEMBELAJARAN QIRA’AH PERSEPEKTIF TEORI KOGNITIF SOSIAL ALBERT BANDURA (STUDI KASUS DI SMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA)
Abstract
Kemahiran membaca menjadi salah satu komponen dalam keterampilanberbahasa Arab dan menjadi tujuan utama dalam pembelajaran bahasaArab di SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Berbagai upaya untukmewujudkan tujuan tersebut telah dilaksanakan, seperti kelengkapansarana prasarana, membaca al-Qur’an sebelum memulai pelajaran danmata pelajaran bahasa Arab masuk dalam intra dan ekstrakurikuler. Akantetapi, kemampuan membaca siswa kelas IX b siswa sekolah tersebutbelum sepenuhnya baik. Berdasarkan fakta tersebut peneliti inginmengetahui implementasi metode pembelajaran qira’ah siswa kelas IX bSMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta dengan empat konsep dalam teor ipembelajaran Albert Bandura. Penelitian dilakukan dengan menggunakanpendekatan kualitatif. Sedangkan jenis penelitiannya adalah kualitatif,bersifat deskriptif dalam pembelajaran qira’ah dengan teori kognitif sosialAlbert Bandura. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Penelitimenggunakan metode pengumpulan data secara triangulasi yangmenggabungkan berbagai teknik pengumpul data. Sedangkan jenispenelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research). Hasil daripenelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran qira’ah dikelas tersebut menggunakan empat konsep pembelajaran teori kognitifsosial Albert Bandura mencakup atensi, retensi, produksi dan motivasi.Penerapan konsep tersebut memberikan dampak terhadap kelancaranpembelajaran qira’ah. Reading skills became one of the components in Arabic skills and becamethe main objective in learning Arabic in SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Various efforts to realize these objectives have been implemented, such asthe completeness of infrastructure facilities, reading the Koran beforestarting the lesson and the subjects of Arabic language entered in intra and extracurricular. However, the ability to read students in grade IX b school students is not yet fully good. Based on these facts the researcher wanted to know the implementation of learning method of qira'ah student of class IX b SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta with four concepts in AlbertBandura learning theory. The research was conducted using qualitativeapproach. While the type of research is qualitative, is descriptive in learning qira'ah with social cognitive theory Albert Bandura. The analysis used is descriptive analysis. Researchers used a method of collecting data in triangulation that combines various techniques of data collection. While this type of research including field research (field research). The results of this study indicate that the implementation of learning qira'ah in the class using four concepts of learning social cognitive theory Albert Bandura include attention, retention, production and motivation. Application of the concept has an impact on the smoothness of learning qira'ah.