Hafalan Al-Qur’an dan Hubungannya dengan Nilai Akademis Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan yang signifikan antara hafalan Al-Qur’an dengan nilai akademis siswa kelas tahfidz di MAN 1 Bogor. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode studi kasus, teknik pengumpulan data melalui penyebaran angket kepada 59 siswa kelas tahfidz sebagai sampel objek penelitian Populasi penelitian sebanyak 70 siswa. Teknik yang digunakan oleh peneliti yaitu random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara variabel hafalan Al Qur’an dan variabel nilai akademis dihitung dengan Pearson Correlation, nilai koefisien korelasi yang diperoleh antara variabel tersebut sebesar 0,531. Nilai koefisien determinasi dalam analisis ini diperoleh nilai 0,282 yang berarti 28,2% variabel nilai akademis siswa bisa dijelaskan dari variabel hafalan Al-Qur’an. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikatakan bahwa terdapat hubungan yang cukup antara variabel hafalan Al-Qur’an dan variabel nilai akademis siswa kelas tahfidz. Artinya semakin baik dalam hafalan Al-Qur’an maka akan membuat nilai akademis siswa semakin baik.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan yang signifikanantara hafalan Al-Qur’an dengan nilai akademis siswa kelas tahfidz di MAN1 Bogor. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif denganmenggunakan metode studi kasus, teknik pengumpulan data melaluipenyebaran angket kepada 59 siswa kelas tahfidz sebagai sampel objekpenelitian Populasi penelitian sebanyak 70 siswa. Teknik yang digunakanoleh peneliti yaitu random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkanbahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara variabel hafalan Al Qur’andan variabel nilai akademis dihitung dengan Pearson Correlation,nilai koefisien korelasi yang diperoleh antara variabel tersebut sebesar0,531. Nilai koefisien determinasi dalam analisis ini diperoleh nilai 0,282yang berarti 28,2% variabel nilai akademis siswa bisa dijelaskan darivariabel hafalan Al-Qur’an. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikatakanbahwa terdapat hubungan yang cukup antara variabel hafalan Al-Qur’andan variabel nilai akademis siswa kelas tahfidz. Artinya semakin baik dalamhafalan Al-Qur’an maka akan membuat nilai akademis siswa semakin baik.