PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN PERSPEKTIF MANAJEMEN MUTU TERPADU STUDI KASUS DI SDUT BUMI KARTINI JEPARA

Abstract

This study aims to describe the role of principals in improving the quality ofeducation perspective of total quality management concepts. This type ofresearch is the use of qualitative research. Jepara SDUT Bumi Kartini headof research subjects using interviews, observation, and documentation. The results showed that the head of SDUT Bumi Kartini Jepara has run aspectsof  Integrated Quality  Management  Concept among which are the First,the role as head of SDUT Bumi Kartini Jepara quality planning coordinationto the entire staff of   employees   and   also   the board  of  teachers  inconducting activities, involving all components, explains objectives to beachieved, forming  committees, monitoring and held meetings every want to do activities. Second, the role as head of quality control SDUT Bumi Kartini Jepara in  this  case are Ernawati, M.Pd undertaken an evaluation ofperformance, comparing actual performance with targets, holding monthlymeetings, specially in setting standards of performance, reward andpanishment, provides  guidance  to employees, asking for a report afteractivity and always provide motivation to Setaf council  employees  andteachers. Third, the role of quality   improvement   in this case the head ofSDUT Bumi Kartini Jepara conduct continuous improvement, conductsupervision per each semester, providing training and education to teachers and employees, held on the hour tutoring students outside of school  and work closely  with parents. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peran kepala sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan perspektif konsep manajemen mutu terpadu. Jenis penelitian yang dipakai menggunakan penelitian kualitatif. Subyek penelitian adalah kepala SDUT Bumi Kartini Jepara dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian didapatkan  bahwa  kepala SDUT Bumi Kartini Jepara  sudah menjalankan aspek-aspek Konsep Manajemen Mutu Terpadu  diantaranya  yaitu Pertama, peran  sebagai perencanaan  mutu  kepala SDUT Bumi Kartini Jepara melakukan koordinasi kepada seluruh staf karyawan dan juga dewan guru dalam melakukan kegiatan, melibatkan seluruh komponen, menjelaskan tujuan yang akan dicapai, membentuk panitia-panitia, mengadakan monitoring dan mengadakan melakukan kegiatan. Kedua, peran sebagai pengendalian mutu kepala SDUT Bumi Kartini Jepara dilakukan dengan mengadakan evaluasi kinerja,  membandingkan kinerja aktual dengan target, mengadakan rapat bulanan, menetapkan standar khusus dalam kinerja, memberikan reward dan punishment, memberikan arahan kepada pegawai, meminta laporan setelah kegiatan  dan  selalu memberikan motivasi kepada staf karyawan maupun dewan guru. Ketiga, peran sebagai perbaikan mutu dalam  hal ini kepala SDUT Bumi Kartini Jepara mengadakan perbaikan terus menerus, mengadakan supervisi setiap persemester, memberikan pelatihan dan pendidikan kepada guru dan pegawai, mengadakan bimbingan belajar siswa pada jam luar sekolah dan bekerja sama dengan orang tua murid.