PENDIDIKAN BERBASIS KARAKTER

Abstract

ABSTRAKPendidikan karakter adalah suatu sistem penanaman nilai-nilai karakter kepada warga sekolah yang meliputi komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan, dan tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai tersebut, baik terhadap Tuhan Yang Maha Esa (YME). diri sendiri, sesama, lingkungan, maupun kebangsaan sehingga menjadi manusia insan kamil. Tujuan penelitian ini, diharapkan dalam pendidikan karakter di sekolah, semua komponen (stakeholders) harus dilibatkan, termasuk komponen-komponen pendidikan itu sendiri, yaitu isi kurikulum, proses pembelajaran dan penilaian, kualitas hubungan, penanganan atau pengelolaan mata pelajaran, pengelolaan sekolah, pelaksanaan aktivitas atau kegiatan ko-kurikuler, pemberdayaan sarana prasarana, pembiayaan, dan ethos kerja seluruh warga dan lingkungan sekolah. Metode yang dipakai adalah menggunakan studi in deep kepustakaan dengan menggunakan analisis induktif deduktif sekaligus komparasi literatur; temuan akhir dari penelitian ini didapat bahwa lulusan yang memiliki keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berkarakter mulia, kompetensi akademik yang utuh dan terpadu, sekaligus memiliki kepribadian yang baik sesuai norma-norma dan budaya Indonesia. Pada tataran yang lebih luas, pendidikan karakter nantinya diharapkan menjadi budaya sekolahKata kunci : Pendidikan karakter, Kurikulum, Pengelolaan SekolahABSTRACTCharacter education is a system of cultivation of character values to the school community, which includes knowledge, awareness or volition, and actions to implement these values, both of the Almighty God (Almighty), ourselves, others, the environment, and national so that the perfect man to be human. The purpose of this study, expected in character education in the schools, all the components (stakeholders) should be involved, including educational components themselves, ie the content of the curriculum, learning and assessment, the quality of relationships, handling or management subjects, school management, the implementation of activities or co-curricular activities, empowerment infrastructure, financing,46 I Jurnal Tarbawl Vol. II. No. 2. Jull - Desember 2014and working ethos of the whole school community and environment used method is to use a deep study in the literature by using inductive deductive analysis of comparative literature at the same time; the findings of this study found that have the faith and devotion to God Almighty, noble, noble character, academic competence and integrated whole, and a/so have a good personality fit the norms and culture of Indonesia. At a broader level, character education into school culture is expectedKeywords: Character education, Curriculum, School of Management