METODE PEMBELAJARAN QIRA’AH PERSEPEKTIF TEORI KOGNITIF SOSIAL ALBERT BANDURA (Studi Kasus SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta)

Abstract

Abstract: Kemahiran membaca menjadi salah satu komponen dalam keterampilan berbahasa Arab dan menjadi tujuan utama dalam pembelajaran bahasa Arab di SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Berbagai upaya untuk mewujudkan tujuan tersebut telah dilaksanakan, seperti kelengkapan sarana prasarana, membaca al-Qur’an sebelum memulai pelajaran dan mata pelajaran bahasa Arab masuk dalam intra dan ekstrakurikuler. Akan tetapi, kemampuan membaca siswa kelas IX b siswa sekolah tersebut belum sepenuhnya baik. Berdasarkan fakta tersebut peneliti ingin mengetahui implementasi metode pembelajaran qira’ah siswa kelas IX b SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta dengan empat konsep dalam teori pembelajaran Albert Bandura. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan jenis penelitiannya adalah kualitatif, bersifat deskriptif dalam pembelajaran qira’ah dengan teori kognitif sosial Albert Bandura. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Peneliti menggunakan metode pengumpulan data secara triangulasi yang menggabungkan berbagai teknik pengumpul data. Sedangkan jenis penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran qira’ah di kelas tersebut menggunakan empat konsep pembelajaran teori kognitif sosial Albert Bandura mencakup atensi, retensi, produksi dan motivasi. Penerapan konsep tersebut memberikan dampak terhadap kelancaran pembelajaran qira’ah.Keywords: Albert Bandura, Kognitif, Maharah Qira’ah