Manajemen Kesiswaan dalam Meningkatkan Kualitas Beragama Siswa MTs Unggulan Nuris Jember

Abstract

Manajemen kesiswaan memiliki peranan penting karena bertujuan untuk mengatur kegiatan-kegiatan peserta didik agar kegiatan-kegiatan tersebut menunjang proses pembelajaran di madrasah. Lebih lanjut, proses pembelajaran dapat berjalan lancar, tertib dan teratur sehingga dapat memberikan kontribusi bagi pencapaian tujuan madrasah dan tujuan pendidikan secara keseluruhan. Manajemen kesiswaan yang dimaksud adalah program-program dan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh kesiswaan untuk meningkatkan keberagamaan peserta didik, sehingga tumbuh menjadi insan yang cerdas, terampil, beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia. Penelitian ini difokuskan pada bagaimana manajemen kesiswaan sebagai representasi program peningkatan kualitas beragama siswa di MTs Unggulan Nuris Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa manajemen kesiswaan sebagai representasi program peningkatan kualitas beragama siswa di MTs Unggulan Nuris Jember dimulai sejak proses penerimaan siswa baru dengan menggunakan tes keagamaan dan psikotes. Kemudian dalam proses pembinaan disiplin siswa, dilakukan sistem reward dan punishment yang melibatkan layanan-layanan pendukung di sekolah. Kata Kunci: kualitas beragama siswa, madrasah, manajemen kesiswaan Student management has an important role to organize students’ activities, so that these activities will support the school learning process. Furthermore, the learning process which can run smoothly, orderly and regularly can contribute to the achievement of school goals and the whole education objectives. The definition of student management in this research is the programs and activities undertaken by student affair staff to improve the students diversity, so they willl grow to be a clever, skilled, faithful, religious, and noble person. A research focus is to reveal how the student management as a representation of religious quality improvement program in MTs Unggulan Nuris Jember. This research used a descriptive qualitative approach. This research concluded that the role of student management as a representation of religious quality improvement program in MTs Unggulan Nuris Jember was started from the new students’ recruitment through religious and psychological tests. Furthermore, they applied reward and punishment system which involved the school support services to maintain the students discipline process.