Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Kelas IV B Tema Kayanya Negeriku Melalui Strategi Pembelajaran Jeopardy Review

Abstract

This study aims to improve the ability to think critically in class IV SDN 1 Sukamulya in science subjects through the application of learning strategies jeopardy review. This type of research is a quantitative study using the method research Quasy Experimental Design and the design used is pretest-poststest design. The population in this study were students of class IV (A, B, dan C) SDN 1 Sukamulya Academic year 2019/2020. Totaling 85 students, while the samples in this study were group IVB as the experimental class and class IVC as the control class. The sample was taken using cluster random sampling technique. In this study, the data collection tools used were test, observation, and dokumentation. The instrumen test used was critical thinking essay questions. Hypothesis testing using statistical analysis Independent Sample t-Test. Based on the result of the study obtained the average value of the experimental class 83,00 while the average value of the control class was 76,28. Results hypothesis testing using the analysis of Independent Sample t-Test with a significance level 5% (0,05), i,e. 0,000 < 0,05 so that H0 is rijected and Ha is accepted, so it can be drawn conclusion that there is an influence of the jeopardy review learning strategy on critical thinking skills of grade IV students on material wealth of energy sources in Indonesia at SDN 1 Sukamulya Academic Year 2019/2020.   Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis kelas IV SDN 1 Sukamulya pada materi IPA dalam tema kayanya negeriku dengan cara menggunakan strategi pembelajaran jeopardy review pada saat proses pembelajjaran berlangsung. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian Quasy Eksperimental Group Design dan menggunakan desain penelitian yakni Pretest-Posttest Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas IV (A, B, dan C) SDN 1 Sukamulya Tahun Pelajaran 2019/2020 yang prserta didiknya secara keseluruhan berjumlah 85 peserta didik, sampel pada penelitian ini yakni kela IV B sebagai kelas penelitian dan kelas IV C berperan sebagai kelas kontrol. Sampel ini diambil dengan menggunakan cara cluster random sampling. Pada penelitian ini instrumen yang digunakan yaitu observasi, dan test, serta dokumentasi. Instrument test yang digunakan yakni soal dalam bentuk essay untuk mengukur kemampuan berpikir kritis. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan analisis data statistik Independent Sample t-Test. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 83,00 sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 76,28. Hasil uji hipotesis menggunakan analisis Independent Sample t-Test dengan menggunakan taraf signifikasi 0,05 (5%), yaitu 0,000 < 0,05 sehingga hasilnya H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran jeopardy review terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IVB pada materi IPA tema kayanya negeriku di SDN 1 Sukamulya Tahun Pelajaran 2019/2020.