Implementasi Akad Ijarah Pada Pembiayaan Pendidikan di KSSU Harum Dhaha Kediri
Abstract
Memasuki abad 20 banyak sekali lemabag penididikan yang mulai berkembang, serta banyak memiliki inovasi-inovasi yang mendorong agar anak bangsa tidak mengalami keterbelakangan dalam dunia pendidikan. Akan tetapi pada umumnya banyak sekali kendala yang timbul dibidang pembiayaan. Namun di era sekarang banyak sekali lembaga-lembaga yang memberi wadah agar lembaga pendidikan tidak terkendala dalam hal pembiayaan. Seperti lembaga koperasi yang bisa membantu pembiayaan pendidikan melalui akad ijarah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dimana dalam tahap pengumpulan data, pengolahan, dan analisis data dilakukan secara simultan dan interaktif satu sama lain disepanjang proses penelitian. Jenis penelitian yang akan dilakukan merupakan penelitian studi kasus, yakni model penelitian kualitatif yang terperinci tentang individu atau unit sosial tertentu dalam kurun waktu tertentu. Disini peneliti ingin meneliti lebih lanjut mengenai Implementasi Akad Ijarah Pada Pembiayaan Pendidikan di KSSU Harum Dhaha Kediri Hasil penelitian: (1) Implementasi akad Ijarah pada pembiayaan pendidikan di KSSU Harum Dhaha Kediri melalui tahap prosedur yang telah ditentukan oleh lembaga terkait. (2) Implementasi akad ijarah pada pembiayaan pendidikan di KSSU Harum Dhaha Kediri sesuai dengan Fatwa DSN MUI berkenaan dengan akad ijarah yang harus dipedomani untuk menentukan keabsahan akad ijarah, yaitu dalam Fatwa DSN No. 09/DSN-MUI/IV/2000 tentang pembiayaan ijarah.