Soft Skill Guru dalam Mata Pelajaran Seni Budaya di SMP Garuda Manado

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang Soft Skill guru mata pelajaran Seni Budaya yang dilakukan di SMP Garuda Manado.  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Soft Skill yang dimiliki oleh guru dalam mengajar mata pelajaran seni budaya di SMP Garuda Manado, serta mengetahui pembelajaran Seni Budaya dari guru yang memiliki Soft skill di SMP Garuda Manado. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukan yang menjadi aspek-aspek dalam Soft Skill adalah kemampuan komunikasi, berorganisasi, kepemimpinan, logika, efort skill, kerjasama, dan keterampilan etika. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat dikemukakan bahwa Soft Skill harus dimiliki oleh seorang guru, karena dengan memiliki Soft Skill dapat tercapai suatu pencapaian yang saling menguntungkan terhadap guru dan siswa.