Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif dan Berpikir Imajinasi terhadap Kemampuan Menulis Puisi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif dan berpikir imajinasi terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMP 74 Jakarta Timur. Metode penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan desain treatment by level 2x2. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 48 siswa. Teknik pengumpulan sampel dengan teknik stratified multistage cluster random sampling. Teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur. Hasil penelitian yang diperoleh, yaitu sebagai berikut. Pertama,kemampuan menulis puisi siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif think talk write (TTW) memiliki pengaruh yang lebih tinggi daripada model pembelajaran kooperatif think pair share (TPS). Kedua, terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran kooperatif dan berpikir imajinasi terhadap kemampuan menulis puisi. Ketiga, kemampuan menulis puisi siswa yang berpikir imajinasi tinggi dan belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif think talk write (TTW) memiliki pengaruh yang lebih tinggi daripada siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif think pair share (TPS). Keempat, kemampuan menulis puisi siswa yang berpikir imajinasi rendah dan belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif think pair share (TPS) memiliki pengaruh yang lebih tinggi daripada siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif think talk write (TTW).