Implementasi Standar Pengelolaan untuk Peningkatan Mutu Layanan Pembelajaran Pada SMAN 1 Nagrak Sukabumi dan SMAS Pasundan Bandung

Abstract

Pandemi Covid-19 berdampak besar pada segenap lini kehidupan, tidak terkecuali pendidikan. Lembaga pendidikan terpaksa mengubah kegiatan belajar mengajar dari konvensional ke daring. Pemerintah mengonstruksi regulasi agar mutu pelayanan pembelajaran sesuai tujuan nasional pendidikan, termasuk dalam menghadapi kondisi darurat seperti Pandemi COVID-19. Penelitian ini mencoba menganalisis penerapan instrumen akreditasi Standar Pengelolaan sebagai kajian mutu pelayanan pembelajaran di masa pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif dengan sampel sekolah yang digunakan adalah dua yakni SMAN 1 Nagrak Kabupaten Sukabumi dan SMA 3 Pasundan Bandung. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif berupa dokumen KTSP dan hasil wawancara dengan Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum. Berdasarkan hasil analisis melalui intrumen akreditasi standar pengelolaan pada dua sekolah yang diteliti didapatkan poin yang cukup besar yakni SMA Negeri 1 Nagrak: 96 poin dan SMA 3 Pasundan: 95 poin, sehingga bisa dikatakan sekolah-sekolah tersebut mendapatkan poin yang maksimal.