Peranan Keluarga Muslim dalam Pendidikan Karakter: Studi Kasus Parenting Club SD Lebah Putih dan SDI Kurma Salatiga

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif lapangan. Pelaksanaan parenting club sebagai upaya mendukung pendidikan karakter yang telah dicanangkan dikaji di dua institusi pendidikan tingkat dasar, yakni di SD Lebah Putih atau dikenal dengan sebutan School of Life Lebah  Putih (SOL Lebah Putih) dan juga SD Islam Kurma Salatiga. Dalam pelaksanaannya, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Ada tiga metode yang peneliti lakukan dalam mengumpulkan data di lapangan, yakni observasi, Indeep  interview, dan dokumentasi. Sedangkan untuk mencari sumber data valid, peneliti menggunakan metode snow ball agar sesuai dengan tujuan penelitian dan efektifitas data yang dihimpun. Setelah dilakukan penelitian lapangan, ditemukan bahwa di kedua lembaga pendidikan dasar ini lebih mengedepankan karakteristik pengasuhan autoritative parenting. Sekolah memberikan dasar-dasar parenting (pengasuhan) untuk kemudian orangtua di rumah menerapkannya sesuai dengan vis-misi yang disepakati antara orangtua dan guru. Sedangkan yang menjadi permasalahan program parenting lebih banyak pada orangtua siswa yakni kurangnya kesadaran akan tanggungjawab pendidikan yang utama. Karena berbasiskan pendidikan orang dewasa, maka sekolah menggunakan metode nonformal.