Nilai Islam dalam Kepemimpinan Efektif dan Aplikasinya Pada Lembaga Pendidikan Islam
Abstract
ABSTRAKKepemimpinan efektif merupakan indikator terpenting bagi kesuksesan lembaga pendidikan Islam dalam mencapai visi dan tujuan yang ditetapkan. Tulisan ini berorientasi kepada penguatan konsep kepemimpinan efektif yang berlandaskan kepada nilai-nilai keislaman. Islam memandang bahwa kepemimpinan efektif bilamana pemimpin mampu menginternalisasi dan mengimplementasikan dua prinsip berikut: pertama; prinsip manajerial dengan cara memperhatikan nilai-nilai berikut: Pertama, ‘aqdu at-takhtiit, ‘aqdu at-tawdhiif, ‘aqdu al-mukalamah, Tasyji’u manba’i at-thaaqah al-basyariyyah, tandzimu at-tahaddiiyaat, dan ‘aqdu at-taqyim. Yang kedua adalah prinsip mu’amalah yaitu dengan cara memperhatikan mu’amalah ma’allah dengan cara mencintai kebenaran dan beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa. Kedua, mu’amalah ma’a an-nas dengan cara dapat dipercaya dan mampu mempercayai orang lain. Ketiga, mu’amalah ma’a an-nafsi, yaitu ahli di bidangnya dan memiliki pandangan yang luas yang didasari oleh kecerdasan yang memadai, memiliki semangat untuk maju, penuh pengabdian, memiliki kesetiaan yang tinggi, kreatif dan penuh inisiatif; bertanggung jawab dalam mengambil keputusan, konsekuen, berdisiplin, dan bijaksana; dan aktif memelihara kesehatan jasmani dan rohani.