IMPLEMENTASI METODE ROLE PLAYING DALAM MENUMBUHKAN KEPERCAYAAN DIRI ANAK DI TK. AL-AZHAR PAGENDINGAN

Abstract

Metode bermain peran merupakan metode pembelajaran yang diharapkan dapat mengembangkan beberapa aspek yang meliputi nilai agama, moral, kognitif, bahasa, fisik motorik, serta aspek perkembangan sosial emosional yang berakaitan langsung dengan kepercayaan diri. Dengan implementasi metode bermain peran, anak akan menunjukkan sikap yang mencerminkan diri, misalnya dengan tampil di depan teman-temannya.Penelitian ini akan mengkaji dua permasalahan. Pertama, apakah metode bermain peran dapat menumbuhkan kepercayaan diri anak di TK Al-Azhar Pagendingan? Kedua, bagaimana mengimplementasikan metode bermain peran dalam menumbuhkan kepercayaan diri anak di TK Al-Azhar Pagendingan?Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan pendidikan. Sumber data utama dalam penelitian ini adalah guru, dan siswa. Dengan menggnakan teknik analisis data deskriptif, penelitian ini menghasilkan beberapa hal. Pertama, metode bermain peran merupakan salah satu metode yang dapat menumbuhkan segala aspek perkembangan, khususnya dalam menumbuhkan kepercayaan diri yang berhubungan langsung dengan aspek sosial emosional, kepercayaan diri dapat terlihat ketika anak memainkan sebuah peran, mereka berani maju ke depan, berbicara dan berekspresi tanpa rasa takut dan malu, mereka dapat bereksplorasi sesuai dengan keinginannya tanpa rasa takut dan tertekan, dan bermain peran juga memberikan kesempatan kepada anak untuk menginterpretasikan pengalaman langsung anak. Kedua, dalam penerapan metode bermain peran guru bergerak menjadi pengamat dan fasilatator diantara anak saat bermain, guru juga bisa ikut terlibat dalam bermain sebagai contoh bagi anak.