INOVASI PELAYANAN E-BILLING PADA KANTOR PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) KABUPATEN LUWU TIMUR

Abstract

AbstrakAir merupakan kebutuhan pokok bagi setiap mahluk hidup di dunia ini termasuk manusia, tanpa air, manusia akan mengalami kesulitan dalam melangsungkan hidupnya, maka dari itu pengolahannya harus di atur sedemikian rupa sehingga agar dapat dimanfaatkan secara efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang inovasi pelayanan E-Billing pada Kantor Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Luwu Timur. Tipe penelitian yang digunakan deskriptif, dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya dianalisis menggunakan teori Miles dan Hubermen. Tahap analisis menurut Miles dan Huberman antara lain kondensasi data (datacondensation), penyajian data (datadisplay), dan penarikan kesimpulan (conclusion, drawing/verification). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa inovasi pelayanan E-Billing dalam penerapannya menggunakan indikator inovasi sebagai acuan dalam pengaplikasian E-Billing pada Kantor Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Luwu Timur. Beradasarkan Hasil Penelitian melalui wawancara masyarakat dan pegawai Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) ternyata inovasi pelayanan yang diluncurkan oleh Perusahaan Daerah (PDAM) belum sepenuhnya maksimal karena masih dapat di-hack oleh oknum tidak bertanggungjawab. selain dari itu, E-Billing juga memberikan dampak positif, salah satunya adalah masyarakat dapat melakukan pembayaran rekening air dicabang manapun se-Luwu Timur dan setelah E-Billing dipakai dalam proses pembayaran rekening air, tidak memakan waktu yang cukup lama dalam penginputan data. Oleh karena itu, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Luwu Timur mengatakan bahwa pihaknya akan lebih memaksimalkan pengaplikasian E-Billing ini pada pembayaran rekening air agar masyarakat selalu diberi kemudahan dalam melakukan pembayaran rekening air.