URGENSI NILAI – NILAI PUBLIC SERVICE MOTIVATION PEGAWAI DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH SAWERIGADING KOTA PALOPO
Abstract
Hingga saat ini pelayanan publik bidang kesehatan masih diperhadapkan dengan berbagai permasalahan yang berdampak buruk bagi kualitas pelayanan bagi masyarakat. Motivasi pelayanan publik adalah salah satu hal yang masih kurang dimiliki oleh para penyelenggara pelayanan publik. Motivasi pelayanan publik adalah konsep yang dipandang oleh beberapa ahli sebagai solusi atas permasalahan pelayanan publik yang ada, terdapat empat nilai dalam motivasi pelayanan publik yakni ketertarikan pada pembuatan kebijakan publik, komitmen pada kepentingan publik, rasa empati dan rasa pengorbanan diri. Nilai-nilai inilah yang seharusnya dimiliki oleh organisasi penyelenggaraan pelayanan publik agar dapat memberikan pelayanan prima bagi masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis urgensi nilai-nilai motivasi pelayanan publik di Rumah Sakit Umum Daerah Sawerigading Kota Palopo.Berdasarkan hasil analisis terhadap empat nilai Public Service Motivation disimpulkan bahwa Dimensi nilai-nilai Public Service Motivation di Rumah Sakit Umum Daerah Sawerigading Kota Palopo adalah komitmen pada kepentingan publik, rasa empati dan pengorbanan diri yang dikategorikan baik, sedangkan nilai ketertarikan pada pembuatan kebijakan publik cukup baik. Dengan demikian diharapkan nilai Public Service Motivation diterapkan dengan baik sehingga hal ini dapat memberikan dampak yang baik pada pegawai untuk meningkatkan kinerjanya sehingga memberi pelayanan yang berkualitas pada masyarakat.