ANALISIS INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN PUBLIK PADA RSUD LAKIPADADA KABUPATEN TANA TORAJA

Abstract

Kepuasan masyarakat merupakan faktor yang sangat penting dan menentukan keberhasilan organisasi publik dalam menyampaikan pelayanan. Fokus penelitian ini yaitu pada kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik pada RSUD Lakipadada. Penelitan ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan yang diberikan RSUD Lakipadada kepada masyarakat dan untuk mengetahui tingkat kesesuaian antara kinerja pelayanan dengan harapan atau tingkat kepentingan masyarakat pengguna jasa. Metode yang digunakan yaitu kuantitatif deskriptif. Teknik analisis dengan menggunakan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM). Kepuasan Masyarakat (IKM) dihitung dengan menggunakan nilai rata-rata tertimbang masing-masing unsur pelayanan sesuai dengan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara No. 14 Tahun 2017. Hasil penelitian pengukuran Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) menunjukkan kualitas dari pelayanan RSUD Lakipadada Kabupaten Tana Toraja dengan menggunakan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) sesuai dengan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara No. 14 tahun 2017 maka nilai interval konversi Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) sebesar 72,325 dengan mutu pelayanan C dan kinerja unit pelayanan yang kurang baik.