Keefektifan Media Pop Up Book terhadap Kemampuan Membaca dan Menulis Siswa Tunagrahita Ringan di SLB

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk melihat keefektifan media pop-up book terhadap kemampuan membaca dan menulis pada anak tunagrahita. Jenis penelitian menggunakan single subject research (SSR) yang mana kriteria dalam penelitian eksperimen ini menggunakan desain A-B-A. Penelitian ini digunakan untuk meneliti satu subjek atau lebih guna mengetahui pengaruh yang diperoleh setelah diberikan beberapa perlakuan menggunakan media yang sudah dibuat. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di SLB Widya Shantika Kabupaten Malang. Berdasarkan hasil penghitungan uji t yang telah dilakukan, maka dapat dinyatakan bahwa pengembangan produk prototype media pop-up book efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis pemahaman siwa tunagrahita ringan Kelas V SDLB. Keefektifan ini dinyatakan dengan hasil nilai yang diperoleh, yaitu: t = 53,105 > 2,105 maka Hº ditolak dan H¹ diterima sehingga klaim diterima. Media pop-up book tepat digunakan sebagai media pembelajaran bagi siswa tunagrahita karena komposisi fisik dan isi buku sangat menarik perhatian siswa. Ketertarikan terhadap buku pop-up tersebut mampu meningkatkan minat siswa untuk mempelajari materi di dalamnya. Apabila siswa telah mempelajari materi secara berkelanjutan dengan perasaan yang gembira dan semangat yang tinggi, maka hasil penilaian terhadap pembelajaran akan meningkat.