Analisis Determinan Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Pelita Anugerah Demak
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, lokasi dan kepercayaan terhadap kepuasan Pasien Rawat Jalan pada Rumah Sakit Pelita Anugerah Demak. Objek penelitian ini adalah RUMAH SAKIT PELITA ANUGERAH DEMAK. Hipotesis dari penelitian ini adalah Pengaruh Kulitas Pelayanan, lokasi, dan kepercayaan terhadap kepuasan pasien rawat jalan.Populasi penelitian ini diketahui sebanyak 2.300 pasien rawat jalan .Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 96 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling, yaitu teknik pengambilan sampel yang memberikan kesempatan menjadi anggota sampel dengan kriteria tertentu. Metode pengumpulan data melalui kuesioner dan analisa data menggunakan SPSS versi 22 yang meliputi uji validitas, uji reabilitas, uji t, uji F dan uji R².Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa seluruh variabel bebas, yaitu Kualitas Pelayanan (X1), Lokasi (X2) dan Kepercayaan (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan(Y). Berdasarkan nilai koefisien determinasi sebesar 0,552diketahui bahwa dalam penelitian ini Kualitas Pelayanan, Lokasi, dan Kepercayaan berpengaruh terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan sebesar 55,2 % sedangkan sisanya yaitu sebesar 44,8 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian