Kajian Antropolinguistik Nama Kedai Kopi di Wilayah Kemang, Jakarta Selatan
Abstract
Di Jakarta, banyak sekali berunculan kedai kopi dengan nama yang unik. Diketahui pula tidak mungkin tidak ada makna yang dimunculkan dalam penamaan tersebut. Sebuah nama akan menentukan keberhasilan dan khususnya dapat menarik khalayak. Keberhasilan yang dimaksud adalah keberhasilan dalam memperoleh keuntungan sebanyak-banyaknya dari usaha produk yang ditawarkan. Untuk itu tujuan penelitian ini adalah mengetahui makna penamaan kedai kopi di Kemang, Jakarta Selatan. Metode yang digunakan yakni deskriptif kualitatif dengan perspektif antropolinguistik. Objek penelitian ini sebanyak 40 kedai kopi di Kemang, Jakarta Selatan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah peneliti sendiri dibantu tabel analisis makna melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian didapat bahwa dari 40 kedai kopi di Kemang, Jakarta Selatan, sebanyak 40% atau 16 kedai kopi menggunakan makna futuratif untuk penamaannya yakni makna yang mengandung sebuah pengharapan di dalamnya.