Citra Merek Terhadap Minat Beli Konsumen Kopi Kekinian di Jakarta
Abstract
Trend era milenium dikenal sebagai kopi kontemporer. Kopi kekinian di wilayah Jakarta pada penelitian ini difokuskan pada Kopi Kenangan dan Fore Coffe yang sedang trend. Wilayah Jakarta Selatan khususnya dikenal dengan Kopi Kenangan dan Fore Coffe. Kedua kopi ini adalah salah satu kedai kopi yang populer di kalangan anak muda saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui citra merek minat beli pada konsumen kopi kontemporer di Jakarta, khususnya Kopi Kenangan dan Fore Coffe. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan pedekatan deskriptif korelasional. Sampel dalam penelitian ini menggunakan 99 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji rata-rata / rata-rata, analisis korelasi deskriptif, uji regresi linier sederhana, uji koefisien determinasi, dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minat beli konsumen yang sangat tertarik dengan nilai rata-rata 4,29 untuk Kopi Kenangan dan 4,06 untuk Fore Coffee, yang berarti konsumen sudah tertarik dan citra merek yang sangat terkenal untuk Kopi Kenangan di Pondok Indah Mall. Sementara Fore Coffee Bintaro memiliki citra merek yang dikenal dengan nilai rata-rata 4,26 untuk Kopi Kenangan dan 3,94 untuk Fore Coffee. Terdapat pengaruh citra merek terhadap minat beli konsumen sebesar 26,8% dan 25,2%. Berdasarkan hasil uji regresi linier sederhana, jika pengaruh citra merek telah meningkat sebesar satu unit, maka minat beli konsumen akan meningkat sebesar 0,401 kali untuk Kopi Kenangan. Sementara Fore Coffee adalah 0,419 kali. Berdasarkan hasil uji t dalam penelitian ini menunjukkan nilai yang signifikan. 0,000 <0,05, yang berarti bahwa citra merek memiliki pengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen kopi kekinian (Kopi Kenangan dan Fore Coffe) di wilayah Jakarta.