Penentu Keputusan Pembelian Online: Pelajaran Empiris dari Olx.co.id

Abstract

Penelitian bertujuan untuk memberikan bukti empiris pengaruh kepercayaan, kualitas pelayanan dan kualitas informasi terhadap keputusan pembelian pada situs Olx di Semarang. Jumlah populasi dalam penelitian ini tidak diketahui. Sampel penelitian sebanyak 96 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling, Metode pengumpulan data melalui kuesioner dan analisa data menggunakan SPSS versi 25 yang meliputi uji : validitas, realibilitas, normalitas, multikolinearitas, heteroskedastisitas, uji t & F dan Koefisen determinasi (R²). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : kepercayaan, kualitas layanan dan kualitas informasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada situs Olx di Semarang. Koefisien determinasi (adjusted R2) =  38,3 persen artinya keputusan pembelian pada situs Olx di Semarang dapat dijelaskan oleh variasi variable kepercayaan, kualitas pelayanan dan kualitas informasi sedangkan sisanya = 61,7 persen dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.