Pengaruh Mengakses Facebook Terhadap Indeks Prestasi Mahasiswa PGRA Semester 4 Kelas A STAIN Gajah Putih Takengon Tahun Ajaran 2015/2016
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) gambaran mahasiswa PGRA semester 4 kelas A STAIN Gajah Putih Takengon yang sering mengakses situs jejaring sosial facebook di Kampus; (2) Indeks Prestasi mahasiswa PGRA semester 4 kelas A STAIN Gajah Putih Takengon; (3) dampak positif atau negatif kegiatan mengakses facebook terhadap Indeks Prestasi mahasiswa PGRA semester 4 kelas A STAIN Gajah Putih Takengon. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini termasuk jenis ex-post facto. Variabel bebasnya adalah kegiatan mengakses facebook dan variabel terikatnya yaitu Indeks Prestasi mahasiswa. Penelitian dilakukan di STAIN Gajah Putih Takengon, Prodi PGRA semester IV tahun ajaran 2015/2016 mulai bulan Maret-Juni 2016. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa PGRA semester 4 kelas A STAIN Gajah Putih Takengon. Data diperoleh dari hasil kuesioner dan dokumentasi hasil tes. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat, uji normalitas, uji linieritas dan analisis dengan uji korelasi product moment. Hipotesis dalam penelitian ini: (1) hipotesa nihil (Ho), tidak ada dampak antara kegiatan mengakses facebook terhadap Indeks Prestasi mahasiswa PGRA semester 4 kelas A STAIN Gajah Putih Takengon; (2) hipotesa kerja (Ha) Ada dampak antara kegiatan mengakses facebook terhadap Indeks Prestasi mahasiswa PGRA semester 4 kelas A STAIN Gajah Putih Takengon. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1) hasil deskriptif mengenai mengakses facebook menunjukkan bahwa seluruh mahasiswa PGRA semester 4 kelas A mempunyai facebook. Sebagian besar kegiatan mengakses facebook siswa dalam kategori kadangkadang sebanyak 20 responden (68,96%), selanjutnya paling sedikit yaitu pada kategori jarang sebanyak 2 responden (13,80%); (2) hasil deskriptif Indeks Prestasi mahasiswa PGRA semester 4 kelas A menunjukkan hasil bahwa sebagian besar mahasiswa memiliki Indeks Prestasi sangat memuaskan sebanyak 23 responden (79,32%); (3) tidak terdapat dampak antara kegiatan mengakses facebook terhadap Indeks Prestasi mahasiswa PGRA semester 4 kelas A, hal ini dibuktikan dengan nilai r hitung variabel mengakses facebook sebesar -0,095 dengan nilai signifikansi sebesar 0,625. Oleh karena nilai r hitung lebih kecil dari r tabel (-0,191<0,60) dan nilai signifikansi (p) lebih besar dari taraf signifikansi 5% (0,625>0,05). Adanya kegiatan mengakses facebook pada mahasiswa PGRA semester 4 kelas A dengan media sosial internet dapat juga menjaga kestabilan Indeks Prestasi.