Efektivitas Metode CIRC Terhadap Keterampilan Menulis Artikel Ilmiah Siswa Madrasah Aliyah Di Tanah Gayo
Abstract
Efektifitas dapat dinyatakan sebagai tingkat keberhasilan dalam mencapai tujuan atau sasaran. Sesuatu dapat dikatakan efektif jika dapat berhasil sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai sebelum melakukan hal tersebut. CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) termasuk salah satu tipe model pembelajaran Cooperative Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan metode pembelajaran CIRC terhadap keterampilan menulis artikel ilmiah siswa Madrasah Aliyah di Kabupaten Aceh Tengah. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 2 Takengon Kabupaten Aceh Tengah. Sampel yang diambil adalah semua siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 2 Kabupaten Aceh Tengah sebanyak 70 orang dari dua kelas, 35 orang untuk kelas eksperimen dan 35 orang untuk kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, yaitu untuk mengetahui efektif tidaknya metode yang digunakan. Alat pengumpulan data adalah tes tertulis dalam bentuk penugasan yaitu menulis artikel ilmiah. Hasil belajar dengan menggunakan metode pembelajaran CIRC berada dalam kategori cukup dari rentang 23 sampai 96 dengan nilai rata-rata 62.2. Sedangkan jika dibandingkan dengan pembelajaran dengan menggunakan metode ekspositori berada pada angka 6 sampai 76 dengan nilai rata-rata 48 masih jauh dari harapan. Penelitian ini dapat memberikan kontribusi yang baik untuk sekolah dalam penggunaan metode pembelajaran yang relevan untuk keterampilan menulis karya ilmiah siswa di sekolah tersebut.