Pengaruh Kualitas Pelayanan Akademik Prodi PAI Terhadap Kepuasan Mahasiswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dimensi dalam kualitas pelayanan akademik prodi PAI yaitu tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa dan menganalisis faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi kepuasan mahasiwa. Populasi dalam penelitian ini adalah para mahasiswa yang terdata aktif sebagai mahasiswa PAI STAIN Gajah Putih Takengon dari angkatan tahun 2012 sampai 2015. Sampel yang diambil sebesar 15% dari total populasi jadi total sampel sebanyak 36 mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil kualitas pelayanan akademik prodi PAI STAIN Gajah Putih Takengon secara serempak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa. 38,6% variabel kepuasan mahasiswa dapat dijelaskan oleh dimensi bukti langsung, kehandalan, daya tanggap, jaminan, dan kepedulian sedangkan sisanya sebesar 62,4% adalah merupakan pengaruh dari variabel bebas lain yang tidak dijelaskan oleh model penelitian ini. Secara parsial dimensi kehandalan, daya tanggap, jaminan, dan kepedulian berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa namun dimensi bukti langsung tidak berpengaruh. Dimensi kehandalan (reliability) merupakan dimensi yang paling berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa PAI.