Pengaruh Sertifikasi Guru Terhadap Kinerja Guru Agama di Sekolah Dasar Kabupaten Bengkulu Tengah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh sertifikasi guru terhadap kinerja guru agama di Sekolah Dasar (SD) Kabupaten Bengkulu Tengah; dan (2) perbedaan kinerja guru agama di SD Kabupaten Bengkulu Tengah yang bersertifikasi dan belum bersertifikasi. Populasi penelitian yang akan diambil adalah 10 guru agama di SD Kabupaten Bengkulu Tengah yang berada di empat kecamatan, kecamatan Pagar Jati, kecamatan Merigi Sakti, kecamatan Bang Haji, dan kecamatan Pematang Tiga, pada tahun 2016. Variabel bebas dalam penelitian ini terdiri dari 10 indikator, Variabel terikat dalam penelitian ini adalah kinerja guru. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah metode angket (kuesioner). Pengujian alat pengumpulan data dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Uji Hipotesis menggunakan analisis regresi linier sederhana, uji normalitas, dan uji beda. Hipotesis dalam penelitian ini adalah (1) H1. Ada pengaruh sertifikasi profesi guru terhadap kinerja guru agama di SD Kabupaten Bengkulu Tengah; dan (2) H2. Ada perbedaan kinerja guru agama di SD Kabupaten Bengkulu Tengah yang bersertifikasi dan belum bersertifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: (1) Sertifikasi profesi guru tidak berpengaruh terhadap kinerja guru guru agama di SD Kabupaten Bengkulu Tengah; dan (2) Tidak terdapat perbedaan antara kinerja guru agama bersertifikasi dan belum bersertifikasi di SD Kabupaten Bengkulu Tengah.