KOMPETENSI GURU MADRASAH TSANAWIYAH DI KABUPATEN BENGKULU TENGAH

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menjawab empat permasalahan: (1) apakah guru-guru madrasah tsanawiyah Kabupaten Bengkulu Tengah yang telah lulus sertifikasi sudah melaksanakan tugas sesuai dengan standar kompetensi guru, (2) apakah faktor penyebab adanya guru yang belum memenuhi standar kompetensi guru, (3) apa usaha-usaha guru madrasah tsanawiyah dalam peningkatkan kompetensinya, dan (4) upaya-upaya apakah yang dilakukan pihak madrasah dalam rangka meningkatkan kompetensi gurugurunya. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi dan wawancara, serta menggunakan analisa data melalui model interaktif yang terdiri atas empat komponen yang saling berinteraksi yaitu, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan simpulan/verifikasi serta memeriksa keabsahan data dengan teknk triangulasi. Adapun yang dijadikan objek penelitian ini adalah Madrasah Tsanawiyah yang berada di Kabupaten Bengkulu Tengah dengan subjek yang diteliti adalah guru-guru MTs yang sudah lulus serifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kompetensi guru-guru Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Bengkulu Tengah cukup beragam. Secara umum mereka telah melaksanakan keempat standar kompetensi guru profesional yaitu, kompetensi kerpibadian, kompetensi pedagogik, kompetensi profesional dan kompetensi sosial. Tetapi secara khusus mereka belum mampu melaksanakan standar sebagai seorang yang disebut profesional, seperti pada kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional, mereka menyatakan banyak mengalami kesulitan bahkan tidak melaksanakan. Faktor penyebabnya adalah karena kurangnya mengikuti pelatihan guru dan keterbatasan waktu serta sarana dan prasarana. Telah ada upaya yang signifikan dari guru-guru dan pihak madrasah dalam meningkatkan kompetensi guru.