PENGGUNAAN GRUP FACEBOOK SEBAGAI VIRTUAL CLASS
Abstract
Penggunaan jaringan internet saat ini semakin pesat, salah satu kegiatan yang banyak dilakukan saat menggunakan internet adalah mengakses Facebook. Pembelajaran yang baik seharusnya tidak membelenggu dan menyenangkan. Berdasarkan observasi bahwa semua mahasiswa menggunakan Facebook dan untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan maka penulis tertarik unutuk mengembangkan penggunaan grup Facebook sebagai virtual class. Rumusan masalah yang akan di ambil adalah: (1) bagaimana menggunakan grup Facebook sebagai Virtual Class?; dan (2) bagaimana tanggapan mahasiswa terhadap penggunaan grup Facebook sebagai Virtual Class?. Metode penelitian menggunakan Research and Development (R&D). Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa kelas A, B, dan C semester 6 tahun ajaran 2016/2016 di STAIN Gajah Putih Takengon. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini: (a) penggunakan grup Facebook sebagai Virtual Class dilakukan dengan terlebih dahulu membuat grup Facebook dan dilanjutkan dengan tahapan pengelolaan pembelajaran. Tahapan pengelolaan pembelajaran terdiri dari empat tahapan: (1) tahap pertama membuat postingan materi; (2) tahap kedua me-like, menanggapi, dan bertanya; (3) tahap ketiga menjawab dan menanggapi pertanyaan; dan (4) tahap keempat tanggapan dari dosen, menonaktifkan kolom komentar, dan merekapitulasi perkuliahan; dan (b) tanggapan mahasiswa terhadap penggunaan grup Facebook sebagai Virtual Class adalah baik dan layak untuk digunakan.