EPISTIMOLOGI PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF HASAN LANGGULUNG

Abstract

Signifikansi tulisan ini adalah pemikiran konsep pendidikan Islam Hasan Langgulung. Hasan Langgulung sendiri merupakan sosok pemikir modernis pendidikan Islam yang lahir pada abad 21. Sosok Hasan Langgulung memiliki concern tersendiri dalam upaya islamisasi ilmu pengetahuan. Islamisasi pendidikan yang ia harapkan juga merupakan wujud kegelisahannya melihat realita perkembangan peradaban umat Islam khususnya pada abad 21 ini. Dalam perspektif Hasan Langgulung konsep pendidikan Islam hendaknya berorientasi pada pengembangan fitrah manusi yang telah dianugerahkan oleh Allah Swt. Hal ini juga didasarkan pada tujuan besar (ultimate goal) pendidikan Islam itu sendiri yang mengkehendaki lahirnya sosok khalifah di permukaan bumi yang dapat memberikan dampak rahmatan lilialamin. Untuk melahirkan pola kehidupan madani dalam konteks pendidikan Islam, Hasan Langgulung menitikberatkan tujuan lain dari pendidikan Islam sebagai upaya melahirkan lulusan yang memiliki kategori insan saleh yang pada sisi lainnya juga akan mewujudkan masyarakat saleh. Untuk mewujudkan itu semua maka Hasan Langgulung mengkehendaki konsep pendidikan Islam yang mengacu pada prinsip integralistik, kesesuaian, keaslian, ilmiah, praktikal dan holistik sehingga tercermin distingsi dengan pendidikan lainnya secara umum.