PEMBELAJARAN BAHASA ARAB ANAK USIA MADRASAH IBTIDAIYAH

Abstract

Jurnal ini mengulas tentang pembelajaran bahasa Arab pada anak usia Madrasah Ibtidaiyah. Hal ini berhubungan dengan masa emas pada anak-anak dalam pemerolehan bahasa. Dalam pembelajaran bahasa Arab pada siswa Madrasah Ibtidaiyah, menuntut guru untuk kreatif dalam pemilihan materi, metode ajar dan aktivitas dalam kelas. Dengan memperhatikan karakteristik dan kebutuhan siswa, maka pembelajaran akan berlangsung dengan efektif. Penggunaan metode dan media yang tepat mampu membuat anak senang melakukan kegiatan pembelajaran. Berdasarkan pada kesenangan tersebut maka minat anak akan terbangun sehingga dia akan mengulang-ulang materi yang telah diajarkan dengan sendirinya. Pengulangan-pengulangan bahasa yang dilakukan anak, maka bahasa tersebut termemorisasi dalam otak kanan. Memori ini akan mengendap dalam pikiran anak sehingga anak akan mengingat bahasa tersebut dalam jangka waktu yang panjang.