KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN BERBASIS INKLUSI DI TAMAN KANAK-KANAK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan berbasis inklusi di TK Luar Biasa Cinta Negeri Kampung Kute Lot Kecamatan Kebayakan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Data penelitian diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian dilapangan didapat bahwa penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Berbasis Inklusi di Taman Kanak-Kanak Luar Biasa Cinta Negeri Kampung Kute Lot Kecamatan Kebayakan yang digunakan dalam pembelajaran dengan menggunakan cara yang berbeda-beda pada setiap anak, penerapan cara seperti ini disebabkan karena setiap anak yang berkubutuhan khusus memiliki kebutuhan masing-masing. Penyusunan kurikulum berbasis inklusi ini sendiri dilakukan oleh tim pengajar di Taman Kanak-Kanak Luar Biasa Cinta Negeri berdasarkan kebutuhan peserta didik. Taman Kanak-Kanak Luar Biasa Cinta Negeri dalam membimbing anak berkebutuhan khusus menggunakan Guru Pembimbing Khusus yaitu guru yang bertugas menjembatani kesulitan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dalam proses pembelajaran.