PERSEPSI GURU TERHADAP KOMUNIKASI INTERPERSONAL KEPALA SEKOLAH DENGAN DISIPLIN KERJA GURU DI MTs PANCA MUKTI-PONDOK KELAPA

Abstract

Komunikasi interpersonal yang baik akan menciptakan suasana kerja yang kondusif di sekolah dan juga akan terjadi hubungan yang harmonis antara kepala sekolah dengan seluruh komponen di sekolah khususnya guru. Komunikasi interpersonal yang baik pula seharusnya akan meningkatkan disiplin kerja guru akibat dari hubungan harmonis yang terjalin antara kepala sekolah dan guru. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Bagaimana disiplin  kerja  guru yang ada di MTs Panca Mukti-Pondok Kelapa?, Bagaimana persepsi guru tentang komunikasi interpersonal kepala sekolah di MTs Panca Mukti-Pondok Kelapa?, dan Bagaimana  hubungan  komunikasi  interpersonal  kepala  sekolah  dengan disiplin kerja guru di MTs Panca Mukti-Pondok Kelapa?. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Tingkat disiplin kerja guru di MTs Panca Mukti-Pondok Kelapa dapat  diketahui  dalam tingkatan sedang, Tingkat  komunikasi  interpersonal  kepala  sekolah di MTs Panca Mukti-Pondok Kelapa  dapat  diketahui  dalam tingkatan sedang, hubungan  persepsi  guru tentang komunikasi interpersonal  kepala sekolah  dengan  disiplin  kerja  guru  di  MTs  Panca Mukti-Pondok Kelapa menunjukan bahwa terdapat hubungan yang sangat rendah sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat  korelasi yang positif antara komunikasi interpersonal kepala sekolah dengan disiplin kerja guru.