PERSEPSI GURU TERHADAP KOMUNIKASI INTERPERSONAL KEPALA SEKOLAH DENGAN DISIPLIN KERJA GURU DI MTs PANCA MUKTI-PONDOK KELAPA
Abstract
Komunikasi interpersonal yang baik akan menciptakan suasana kerja yang kondusif di sekolah dan juga akan terjadi hubungan yang harmonis antara kepala sekolah dengan seluruh komponen di sekolah khususnya guru. Komunikasi interpersonal yang baik pula seharusnya akan meningkatkan disiplin kerja guru akibat dari hubungan harmonis yang terjalin antara kepala sekolah dan guru. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Bagaimana disiplin kerja guru yang ada di MTs Panca Mukti-Pondok Kelapa?, Bagaimana persepsi guru tentang komunikasi interpersonal kepala sekolah di MTs Panca Mukti-Pondok Kelapa?, dan Bagaimana hubungan komunikasi interpersonal kepala sekolah dengan disiplin kerja guru di MTs Panca Mukti-Pondok Kelapa?. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Tingkat disiplin kerja guru di MTs Panca Mukti-Pondok Kelapa dapat diketahui dalam tingkatan sedang, Tingkat komunikasi interpersonal kepala sekolah di MTs Panca Mukti-Pondok Kelapa dapat diketahui dalam tingkatan sedang, hubungan persepsi guru tentang komunikasi interpersonal kepala sekolah dengan disiplin kerja guru di MTs Panca Mukti-Pondok Kelapa menunjukan bahwa terdapat hubungan yang sangat rendah sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat korelasi yang positif antara komunikasi interpersonal kepala sekolah dengan disiplin kerja guru.