HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DENGAN HASIL BELAJAR SISWA DI MTs NEGERI 2 TABA PENANJUNG TAHUN AJARAN 2017/2018

Abstract

Kompetensi pedagogik merupakan salah kompetensi yang sangat penting yang harus dimiliki seorang guru, bagus atau tidaknya kompetensi pedagogik akan berperan terhadap hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian adalah: 1) Bagaimanakah persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru di MTs Negeri 2 Taba Penanjung tahun ajaran 2017/2018?, 2) Bagaimanakah hasil belajar siswa di MTs Negeri 2 Taba Penanjung tahun ajaran 2017/2018?, dan 3) Adakah hubungan persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru dengan hasil belajar siswa di MTs Negeri 2 Taba Penanjung tahun ajaran 2017/2018?. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru di MTs Negeri 2 Taba Penanjung tahun ajaran 2017/2018 didapat hasil nilai tertinggi 56 dan nilai terendah 40, dibagi menjadi 3 kategori, kategori tinggi sebanyak 4 responden dengan persentase sebesar 13%, untuk kategori sedang sebanyak 16 responden dengan persentase sebesar 53%, dan untuk kategori rendah 10 responden dengan persentase sebesar 34%. 2) Hasil belajar siswa di MTs Negeri 2 Taba Penanjung tahun ajaran 2017/2018 diperoleh nilai tertinggi 83 dan nilai terendah 75, apabila dibagi menjadi 3 kategori, untuk kategori tinggi sebanyak 5 responden dengan persentase sebesar 16%, sedangkan untuk kategori sedang sebanyak 9 responden dengan persentase sebesar 30%, dan untuk kategori rendah sebanyak 16 responden dengan persentase sebesar 54%. 3) Hubungan persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru dengan hasil belajar siswa di MTs Negeri 2 Taba Penanjung tahun ajaran 2017/2018 tidak memiliki hubungan yang positif.