PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA PADA MATERI PRINSIP-PRINSIP PENELITIAN SEJARAH DI KELAS X SMA NEGERI 1 SUNGAI MAS

Abstract

Hasil belajar siswa di sekolah masih banyak yang mengalami masalah yang disebabkan oleh tidak tercapainya ketuntasan minimal yang diterapkan. Hal disebabkan oleh berbagai faktor, diantaranya masih ada guru yang belum mampu menggunakan metode yang benar. Penggunaan metode sering kali dilakukan dengan pemberian tugas dan latihan serta ceramah. Metode ini tidak dapat mengeksplor kemampuan motorik siswa dan kreativitas berpikirnya. Peneltian ini dilaksanakan selama 3 bulan dari bulan Januari sampai dengan Maret 2017 di SMA Negeri 1 Sungai Mas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas X pada materi Prinsip-prinsip Penelitian Sejarah pelajaran Sejarah dengan menggunakan model Group Investigation (GI) pada SMA Negeri 1 Sungai Mas. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X Negeri 1 Sungai Mas yang jumlah siswanya 30 orang siswa sebagai subjek penelitian. Data diperoleh menggunakan tes dan non tes. Data dianalis secara deskriptif dengan cara membandingkan antara siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa kelas X Negeri 1 Sungai Mas pada materi Prinsip-prinsip Penelitian Sejarah dengan menggunakan model GI dengan hasil pada siklus I dari 30 orang siswa terdapat 19 (63,33%) orang yang yang tuntas secara klasikal, sedangkan setelah siklus II meningkat menjadi 28 orang siswa atau (93,33%) yang tuntas secara klasikal.