EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS IX SMP NEGERI 4 TAKENGON

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Reciprocal Teaching terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas IX SMP Negeri 4 Takengon. Adapun rumusan masalahnya apakah metode pembelajaran kooperatif tipe Reciprocal Teaching efektif terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas IX di SMP Negeri 4 Takengon. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX yang ada pada SMP Negeri 4 Takengon, sampel digunakan 28 pada masing-masing kelas eksprimen dan kelas kontrol. Hasil pembelajaran pada kelas eksprimen diperoleh tes awal (pretest) siswa  = 53,60 dan S= 8,82 sedangkan nilai tes akhir (postest) diperoleh  = 83,60 S=8,82. Pada kelas kontrol hasil pembelajaran nilai tes awal (pretest) siswa =50,92 dan S= 9,36 sedangkan nilai tes akhir (postest) diperoleh = 76,10 dan S= 9,33. Pengujian hipotesis diperoleh thitung ttabel yaitu 3,72>2,007 sehingga dapat disimpulkan ha diterima dan menunjukan bahwa terdapat perbedaan kelas kontrol dan kelas eksprimen terhadap kemampuan komunikasi matematis. Aktifitas siswa kelas eksperimen diperoleh 80,6% sedangkan pada kelas kontrol diperoleh 77,6% dengan kategori baik. Aktifitas guru kelas eksperimen diperoleh 77,8% sedangkan pada kelas kontrol diperoleh 75,5% dengan kategori baik. Respon siswa menunjukan sangat positif dilihat dari penilaian angket yang disebar kelas eksprimen dengan nilai rata-rata yaitu 3,47. yang menyatakan bahwa terdapat perbedaan efektivitas kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran Reciprocal Teaching dengan siswa yang diajar menggunakan pembelajaran STAD pada kelas IX SMPN 4 Takengon.