PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAING (SFE) DI KELAS XI SMA NEGERI 8 TAKENGON
Abstract
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa setelah dilakukannya pembelajaran dengan model Student Facilitator and Explaining (SFE). Metode penelitian ini adalah semi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 8 Takengon tahun ajaran 2018/2019. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling dan terpilih siswa kelas XI Mipa-1 dengan jumlah 21 siswa dan kelas XI Mipa-2 dengan jumlah 20 siswa. Teknik analisis data yang dilakukan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji gain ternormalisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahawa : (1) Siswa dari kelas eksperimen dengan skor gain > 0.70 berjumlah 18 orang dengan kategori tinggi (90%) (2) Siswa dari kelas eksperimen dengan 0.30 < skor gain < 0.70 berjumlah 2 orang dengan kategori sedang (10%) (3) Siswa dari kelas eksperimen dengan skor gain < 0.30 berjumlah 0 orang atau tidak terdapat siswa yang memperoleh skor gain dibawah 0,30 dengan kategori rendah.