ANALISIS KENDALA KERJA SAMA SISWA DALAM MODEL PEMBELAJARAN JUCAMA (PENGAJUAN DAN PEMECAHAN MASALAH)

Abstract

Bekerja sama menjadi salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh generasi di abad 21. Oleh karena itu pembelajaran harus mengakomodasi dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam bekerja sama. Sayangnya kegiatan dalam proses pembelajaran yang berlangsung masih menitik beratkan pada kemampuan siswa untuk bersaing mendapatkan nilai yang tinggi. Sudah saatnya model pembelajaran yang diterapkan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan semua, seperti kemampuan bekerja sama tanpa harus meninggalkan aspek kognitif. Model yang cocok diantaranya penerapan model JUCAMA, namun demikian kendala akan muncul untuk siswa yang diajar dengan model tersebut untuk pertama kalinya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kendala tersebut, subjek penelitian adalah siswa kelas X1 MTsN 2 Aceh Tengah. Hasil penelitian disimpulkan bahwa kendala pada pertemuan pertama siswa dalam bekerja sama pada model pembelajaran JUCAMA adalah 1) siswa tidak percaya diri dalam menuangkan ide-ide mereka dalam menyelesaikan tugas kelompok; 2) tidak semua siswa yang fokus dalam pengerjaan tugas kelompok; 3) siswa berkemampuan tinggi masih mendominasi dalam diskusi; 4) waktu yang dibutuhkan lebih banyak dari yang tersedia.