Model Pembelajaran Bahasa Arab di Universitas Muslim Indonesia (Penerapan Naẓariyah Al-Furū’ Dan Naẓariyah Al-Wihdah)
Abstract
Bahasa Arab merupakan mata kuliah wajib yang diajarkan di Universitas Muslim Indonesia, Pembelajaran bahasa Arab yang digunakan di UMI ada dua yaitu Nazariyah al Furu’ yang digunakan pada Fakultas Sastra Jurusan bahasa dan Sastra Arab dan Fakultas Agama Islam Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, dan Nazariyah al Wihdah ‘ sebagai model pembelajarn penyertaan digunakan pada jurusan selain kedua fakultas tersebut. Realitas penerapan kedua teori tersebut, hasilnya kurang memuaskan, dalam artian hasil proses belajar mengajar seringkali memberikan hasil yang tidak maksimal sebagaimana ouput yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan mendeksripsikan efekttifitas model pembelajaran bahasa Arab (Nazariyah al Furu’ dan Nazariyah al Wihdah) di Universitas Muslim Indonesia sebagai mata kuliah yang wajib bagi seluruh mahasiswa UMI tidak hanya pada jurusan bahasa dan Sastra Arab fakultas Sastra dan Jurusan pendidikan Bahasa Arab Fakultas Agama Islam UMI. Selain itu, mengungkap faktor-faktor yang menjadi problematika dalam penerapan model tersebut dan mencari solusi strategis untuk pencapaian kualitas pembelajaran bahasa Arab. Model pembelajaran bahasa Arab ditekankan pada model komunikatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Arab dan mengoptimalkan metodologis pembelajaran bahasa Arab yang efektif , maka yang dilakukan pertama adalah sosialisasi dan diskusi. Steelah itu, menyusun strategi dengan melaksanakan workshop, menghadirkan dosen bahasa Arab sebelum memasuki tahun ajaran baru untuk membangun persepsi dalam pembelajaran bahasa Arab. Kemudian menyusun modul pembelajaran bahasa Arab yang berisi materi, sistimatika pembelajaran, alat dan metoda sesuai kebutuhan peserta didik (mahasiswa)