Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Metode Bernyanyi Menggunakan Media Kartu Gambar

Abstract

Penelitian ini didasari oleh kemampuan bahasa pada anak usia 4-5 tahun di Raudlatul Athfal Al-Furqon Totokaton Punggur masih rendah, hal ini disebabkan latar belakang pendekatan pembelajaran kurang menarik, pemilihan metode pembelajaran bahasa yang kurang tepat, serta penyampaiannya yang kurang variatif dalam pembelajaran bahasa pada Anak Usia Dini. Guru juga kurang mengajarkan komponen bahasa secara menyeluruh. Hal ini berakibat pada nilai anak. Tujuan dari penelitian ini adalah kemampuan bahasa melalui metode bernyanyi menggunakan media kartu gambar pada anak usia 4-5 tahun di Raudlatul Athfal Al-Furqon Totokaton Punggur. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Action Classroom Research). Subjek penelitian ini yatiu 17 peserta didik usia 4-5 tahun di RA Al-Furqon Totokaton. Setelah peneliti melakukan penelitian, dan analisis data, peneliti mendapatkan data bahwa tidak ada anak dengan nilai bahasa BB (Belum Berkembang), 9 anak dengan penilaian bahasa MB (Mulai Berkembang atau sebesar 53% dari jumlah anak, 4 anak dengan penilaian BSH (Berkembang Sesuai Harapan atau sebesar 23,5% dari jumlah anak, dan 4 anak dengan penilaian bahasa BSB (Berkembang Sangat bagus) atau sebesar 23,5% dari jumlah anak. Dapat disimpulkan bahwa melalui metode bernyanyi menggunakan media kartu gambar dapat meningkatkan kemampuan bahasa anak usia dini di Raudlatul Athfal Al-Furqon Totokaton Punggur tahun ajaran 2018/2019.