Peran Orangtua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Penelitian tindakan ini bertujuan untuk mendiskripsikan peran orang tua dalam implementasi homeschooling pada anak usia dini di masa pandemi covid-19, serta mengetahu hasil belajar yang diperoleh anak melalui homeschooling. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif study kasus. Informann penelitian satu keluarga, dengan Informansi utama orangtua, dan Informann pendukung anak, paman, dan guru. Data diperoleh dengan wawancara dan observasi partisipan pada keluarga. Data kemudian diolah dengan menggunakan analisis tema. Hasil yang didapat diperoleh dari penelitian ini adalah orang tua mengkondisikan lingkungan keluarga sebaik mungkin untuk menunjang pendidikan anak, hal ini dibuktikan dengan diputarkan ayat-ayat Al-Qur’an setiapmalam, orang tua selalu meluangkan waktu untuk anak dan komunikasi yang baik dalam keluarga. Selanjutnya adanya komitmen dan peran aktif orang tua dalam pelaksanaan metode homeschooling anak nusia dini juga memiliki dampak positif untuk kemampuan akademik maupun non akademik anak.