Meningkatkan Kemampuan Minat Membaca Siswa Menggunakan Mind Mapping Pada Layanan Penguasaan Konten

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menguji efektivitas layanan penguasaan konten menggunakan metode <em>mind mapping </em>dalam meningkatkan minat baca siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan (eksperimen), selanjutnya melihat perbedaan minat baca siswa kelompok kontrol sebelum dan sesudah diberikan perlakuan layanan penguasaan konten. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah pre-eksperimen, menggunakan <em>the one group pretest posttest design</em>. Pemilihan subjek menggunakan metode  <em>purposive sampling</em>. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 6 Takengon. Data dianalisis menggunakan teknik statistik non-parametrik yang menggunakan <em>Wilcoxon Signed Ranks Test. </em>Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan minat baca siswa kelompok eksperimen yang diberikan layanan penguasaan konten menggunakan <em>mind mapping </em>dengan kelompok kontrol yang diberikan layanan penguasaan konten biasa (tanpa media).  Hal yang terlihat selama proses pengamatan yang dilakukan ketika siswa mengikuti layanan penguasaan konten, siswa antusias dan mulai termotivasi untuk mengembangkan sikap dan kebiasaan belajar yang baik, dengan demikian minat baca siswa terbentuk setelah Guru BK/Konselor memberikan perlakuan layanan penguasaan konten menggunakan <em>mind mapping</em>, siswa mulai memiliki ketertarikan dan fokus untuk mengembangkan minat baca kemudian menyusunnya menjadi konsep yang tersusun dalam <em>mind mapping </em>yang menarik bagi siswa itu sendiri dan keterampilan yang didapatkan tersebut cocok untuk menunjang pembelajaran.