ANALISIS GAYA BELAJAR (VISUAL, AUDITORI DAN KINESTETIK) DAN HUBUNGANNYA DENGAN HASIL BELAJAR BOTANI

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk (1) mengidentifikasi gaya belajar mahasiswa Jurusan Farmasi Universitas Peradaban, (2) mengetahui hubungan antara gaya belajar dengan hasil belajar Botani dan (3) mengetahui pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar Botani. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei dan expost facto. Waktu penelitian yaitu bulan Oktober-Desember 2019 berlokasi di Universitas Peradaban. Subjek penelitian ini adalah seluruh mahasiswa jurusan Farmasi Universitas Peradaban angkatan 2010/2020 sebanyak 45 Mahasiswa. Teknik pengambilan datanya dengan tes essai dan kuesioner gaya belajar VAK. Teknik analisis data menggunakan analisis persentase, uji korelasi berganda dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian diperoleh gaya belajar Visual sebesar 26.6%, Auditorial sebesar 35.5%, Kinestetik sebesar, 26.6%, gaya belajar campuran Visual-Auditorial sebesar 6.6%, dan Visual-Auditorial-Kinestetik sebesar 2.2%.  Hasil uji korelasi menunjukan nilai R sebesar 0.508, R square sebesar 0.58 dan nilai F sig 0.006. Sehingga dapat disimpulkan bahwa mahasiswa Farmasi Universitas Peradaban angkatan 2019/2020 memiliki keanekaragaman tipe gaya belajar meliputi Visual, Aditorial, Kinestetik, Visual-Kinestetik dan Visual-Auditorial-Kinestetik; terdapat hubungan yang kuat dan signifikan antara gaya belajar dengan hasil belajar Botani; dan terdapat pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar Botani.