Meningkatkan Kemampuan Menghafal Hadits pada Siswa dengan Terjemah Lafdhiyah MIN 1 Kota Kediri

Abstract

Tulisan ini untuk mengetahui pembelajaran menggunakan terjemah lafdhiyah dan peningkatan kemampuan menghafal hadits pada siswa di Madrasah  Ibtida?iyah Negeri 1 Kota Kediri  mata  pelajaran al-Qur?an Hadits. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari Siklus I dan Siklus II. Penerapan metode terjemah lafdhiyah dapat meningkatkan kemampuan menghafal hadits pada siswa. Hal ini dibuktikan dari meningkatnya hasil tes belajar siswa kelas V semester I pada materi menghafal hadits tentang menyayangi anak yatim. Temuan penelitian: (1) adanya teknik menerjemahkan perlafadh  (terjemah lafdhiyah) dengan menggunakan media kertas tempel dan nomor identitas siswa; (2) adanya peningkatan kemampuan menghafal hadits pada siswa dengan terjemah lafdhiyah dari Siklus I ke Siklus II. This paper is to find out the learning using the lafdhiyah translation and the increase in the ability to memorize the hadith on students in the Islamic Elementary Public School 1 of Kediri City subject to the Qur'an Hadith. The type of research used is classroom action research (CAR) which consists of Cycle I and Cycle II. The application of the lafdhiyah translation method can improve the ability to memorize the hadith in students. This is evidenced by the increasing results of the first semester class V student learning tests on memorizing hadith material about loving orphans. Research findings: (1) the existence of the technique of translating lafadh (lafdhiyah translation) by using sticky paper media and student identity numbers; (2) there is an increase in the ability to memorize the hadith in students with the lafdhiyah translation from Cycle I to Cycle II.