Hubungan Mutu Pelayanan Rumah Sakit dan Sosial Ekonomi Terhadap Kepuasan Pasien Peserta BPJS di Ruang Rawat Inap Kelas III BLUD Rumah Sakit Umum Langsa

Abstract

Pelayanan kesehatan yang bermutu merupakan salah satu aspek dalam pelayanan kesehatan yang menjadi faktor penting dalam mencapai kepuasan pasien. Kepuasan pasien merupakan perasaan pasien yang timbul sebagai akibat dari kinerja pelayanan kesehatan yang diperolehnya setelah pasien membandingkannya dengan apa yang diharapkannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara mutu  pelayanan dan sosial ekonomi dengan kepuasan pasien BPJS. Penelitian ini bersifat Analitik dengan desain crossectional yang dilakukan di RSUD Langsa pada tanggal 21 s/d 30 juni 2016 menggunakan data primer dengan jumlah 96 responden menggunakan tehnik accidental sampling. Variabel penelitian ini adalah kepuasan pasien, mutu pelayanan dan sosial ekonomi. Data ini di analisa secara univariat dan bivariat dengan uji chi-square disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi. Hasil penelitian menunjukan Ha diterima dimana mutu pelayanan dengan Pvalue=0,000<α=0,05, sosial ekonomi p value=0,033 < α = 0,05.sehingga ada hubungan yang bermakna antara mutu pelayanan dan sosial ekonomi dengan kepuasan pasien peserta BPJS di ruang rawat inap kelas III RSUD Langsa. Dari hasil penelitian tersebut, diharapkan bagi tenaga kesehatan untuk dapat melakukan pengembangan dan evaluasi terhadap mutu dan kinerja di Ruang Rawat Inap Kelas III RSUD Langsa.