Hubungan Ketersediaan Alur Pelayanan dan Peran Petugas Kesehatan dengan Waktu Tunggu Pelayanan Rekam Medis di Poliklinik Rumah Sakit Umum Daerah Langsa
Abstract
Lama waktu tunggu pasien mencerminkan bagaimana rumahsakit mengelola komponen pelayanan yang disesuaikan dengan situasi dan harapan pasien. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan ketersediaan alur pelayanan dan peran petugas kesehatan dengan waktu tunggu pelayanan rekam medis di poliklinik di RSUD Langsa Tahun 2016. Jenis penelitian bersifat Analitik, dengan Desain penelitian Crossectional Study.Jumlah sampel yaitu 96 responden di poliklinik Rumah Sakit Kota Langsa Langsa kota, yang diambil dengan Accidental Sampling. Pengumpulan data diperoleh dengan wawancara melalui kuesioner dan lembar checklist, kemudian hasil penelitian diolah dan dianalisa. Berdasarkan hasil penelitian dapat dilihat bahwa pengetahuan setelah Setelah dilakukan uji statistik ( uji chi square) diperoleh nilai x2dengan nilai P = . 009 ( P<0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan alur pelayanan terhadap waktu tunggu rekam medis di poliklinik RSUD Langsa.Peran Petugas setelah dilakukan uji statistik (uji chi squre) diperoleh nilai x² dengan nilai P = .005 (p<0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara Peran Petugas terhadap waktu tunggu pelayanan.