Hubungan Prestasi Belajar Asuhan Kebidanan II dengan Skill Laboratorium Metode Objective Structural Clinical Assesment (OSCA) di STIKes Bustanul Ulum Langsa

Abstract

Seorang bidan sudah seharusnya memiliki suatu kompetensi, pengetahuan, keterampilan, serta perilaku yang baik dalam melaksanakan praktik kebidanan. Salah satu kompetensi yang harus dimiliki seorang bidan adalah asuhan selama persalinan dan kelahiran. Uji metode OSCA bertujuan menjamin kualitas kompetensi tenaga profesi kesehatan agar senantiasa dapat memberikan pelayanan kesehatan yang dibutuhkan masyarakat sesuai standard dan prosedur pelayanan yang ditetapkan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Hubungan Prestasi Belajar Asuhan Kebidanan II dengan Skill Laboratorium metode objective structural clinical assesment (OSCA) di STIKes Bustanul Ulum Langsa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Analitik dengan pendekatan observasi retrospektif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswi D-III kebidanan tingkat III Bustanul Ulum Langsa sebanyak 51 mahasiswa dan data dianalisis secara univariat dan bivariat menggunakan Chi square.Dari hasil penelitian didapat bahwa mayoritas responden dengan prestasi belajar mendapatkan nilai B sebanyak 31 (60.8%) responden dan responden yang memiliki skill laboratorium metode OSCA di STIKes Bustanul Ulum Langsa terdapat 21 (41.2%) responden yang mendapat nilai A. Simpulan dalam penelitian ini berdasarkan analisa uji chi square didapat P value (0,005) < 0,05 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak, artinya ada hubungan yang signifikan antara prestasi belajar asuhan kebidanan II dengan Skill Laboratorium metode objective structural clinical assesment (OSCA) di STIKes Bustanul Ulum Langsa. Hasil penelitian ini merekomendasikan peningkatan sarana dan prasarana laboratorium kebidanan metode OSCA untuk meningkatkan pengetahuan, skill dan sikap konsep teori.