Hubungan Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pasien di Puskesmas Kota Kuala Simpang Kabupaten Aceh Tamiang Tahun 2019

Abstract

Kepuasan pasien adalah keluaran (outcome) layanan kesehatan. Dengan demikian kepuasan pasien merupakan salah satu tujuan dari peningkatan mutu layanan kesehatan. Kepuasan pasien  adalah suatu tingkat perasaan pasien yang timbul sebagai akibat dari kinerja layanan kesehatan yang diperolehnya setelah pasien membandingkannya dengan apa yang diharapkannya (Pohan, 2013). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara kualitas pelayanan dan fasilitas dengan kepuasan pasien di Puskesmas. Penelitian ini bersifat Analitikdengan desain crossectional yang dilakukan di Puskesmas Kota Kuala Simpang pada tanggal 19 s/d 25 September 2019 menggunakan data primer dengan jumlah 97 respondenmenggunakan tehnik accidental sampling. Variabel penelitian ini adalah kepuasan pasien, kualitas pelayanan dan fasilitas. Data ini di analisa secara univariat dan bivariat dengan uji chi-square disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi. Hasil penelitian menunjukan Ha diterima dimana kualitas pelayanan dengan P value=0,000 < α = 0,05, fasilitas P value=0,00 < α = 0,05. Sehingga ada hubungan yang bermakna antara kualitas pelayanan fasilitas dengan kepuasan pasien peserta di Puskesmas Kota Kuala Simpang.